Rabu, 13 September 2017

Tabrakan Kapal KS Indonesia dengan Kapal Republik Dominika JDR 19, Evakuasi Masih Berjalan

SuaraBamega.com – Rabu (13/09/2017), Terjadinya kecelakaan laut yang menimpa “KARTIKA SEGARA”(KS) dengan Kapal Isap Keruk berbendera Republik Dominica  “JBB De Rong 19” (JDR 19), pada Rabu(13/09/2017), sekira pukul 00.00 waktu Singapura, di posisi 01 11.12N 103 49.50E, sekitar 1.9 Nm sebelah tenggara Pulau Sebarok, Selat Singapura. Peristiwa tersebut terjadi akibat adanya situasi persimpangan yang sering menyebabkan terjdinya peristiwa tabrakan kapal, (tabrakan terakhir di lokasi yang sama terjadi pada bulan Agustus 2016).

Kejadian bermula, saat KS dalam perjalanan dari alur pelayaran Jong menuju alur pelayaran Internasional mengarah ke timur sementara JDR berada pada alur pelayaran Internasional mengarah ke barat. Tabrakan ini mengakibatkan terbaliknya kapal JDR dan menyebabkan hilangnya beberapa crew kapal, sedangkan KS mengalami kerusakan pada sisi kanan kapal, namun dilaporkan tidak ada crew yang terluka.

“Tabrakan kedua kapal itu terjadi pada Rabu dini hari, sekitar pukul 00.40. Insiden itu terjadi di 1,7 mil barat daya perairan Singapura, yakni di Sisters Island,” demikian pernyataan otoritas maritim Singapura.

Kapal JDR sendiri berisikan 12 Crew, yang terdiri dari 11 Crew WN China dan 1 WN Malaysia. Saat ini proses evakuasi dan pencarian terhadap crew JDR mash terus berlangsung. Hingga kini pencarian terhadap 5 crew JDR yang hilang masih dilakukan.

Police Coast Guard Singapura telah berada di lokasi kejadian untuk memberikan pertolongan pertama kepada crew JDR, sementara KS telah diarahkan untuk menuju PEBGA dan menunggu instruksi lebih lanjut.

“Kami sudah mengerahkan kapal tongkang untuk menarik kapal Dominika yang hampir tenggelam ke Pulau Senang. Selain itu, kami juga masih melakukan pencarian terhadap 5 ABK kapal Dominika yang hilang,” tandas otoritas maritim Singapura.(Red)
Disclaimer: Gambar, Artikel ataupun Video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
Iklan

Top